Pedagang kaki lima “Melek” IT



Salam Sobat , hari ini bang oke akan membagikan sebagian dari pengalaman yang bang oke punya . kalo dilihat dari judulnya pasti sudah tahu kan ? namun bagaimana mungkin jika Pedagang kaki lima bisa “Melek" IT ? inilah jawaban yang akan bang oke berikan , langsung kita cekidot
Toko online adalah tempat kita bisa memajang barang dagangan kita di internet dan dilakukan transaksi dengan pembeli melalui mesin di web . Saat ini toko online di Indonesia mulai berkembang pesat. Semakin banyak orang yang menggunakan internet untuk membeli dan menjual barang ataupun jasa. Toko online di indonesia memang sangat cocok sekali karena letak geografis indonesia yang kepulauan, memungkinkan kita untuk membeli barang tanpa perlu datang ke tempat penjual.
Setelah kita melihat pengertian dari toko online mari kita lihat manfaat-manfaat dari toko online


Manfaat Toko Online
Pertama:
Secara segmentasi pasar sangat luas sekali karena internet ruangnya sangat luas bisa di dalam negeri maupun di luar negeri sehingga segmen pasarnya seluruh dunia berbeda dengan toko yang konvensional target pasarnya hanya daerah yang bisa di jangkau saja misalkan hanya di daerah sekitar kita maupun di daerah luar kota yang dekat saja itupun bergantung dari promosi kita.
Kedua:
Lebih hemat modal : dengan membuka toko online maka modal yang kita punyai akan hemat misalkan saja untuk menyewa tempat, karyawan, administrasi dll. Bisa kita minimalisasi dan sangat hemat. Bandingkan saja jika kita punya toko konvensional maka kita harus nyari tempat yang strategis dan biaya yang dikeluarkan juga akan membengkak, karyawan yang kita gaji juga akan sangat banyak kemudian ruang administrasi yang kita butuhkan juga banyak berbeda sekali dengan toko online yang membutuhkan biaya yang kecil. Misalkan untuk menyewa tempat kita hanya menyewa hosting dan domain saja yang murah. Kemudian kita membuat website yang sesuai dengan barang dagangan yang kita jual. Kemudian karyawan juga relatif minim. Kita hanya butuh orang yang mengoperasikan website kita. Terus yang terakhir jasa pengiriman banyak sekali.
Kalau pakai pos juga bisa maupun pakai jasa swasta seperti TIKI, JNE dan 21 Express juga bisa. Relatif simple kan.
Ketiga:
Informasi yang diberikan kepada calon customer maupun customer juga relatif lebih global dan banyak yang bisa kita informasikan sehingga customer akan lebih puas dengan produk kita dan tidak banyak bertanya-tanya tentang produk kita.
Keempat:
Iklan yang relatif murah karena iklan baris yang ditawarkan via internet banyak yang gratis berbeda jika kita mau mengiklankan lewat koran maka biayanya cukup mahal.
Dari berbagai sumber.
Pengalaman bang oke :
Pada waktu bang oke disuruh kakak untuk menjual gitarnya , bang oke mencari-cari pembeli yang berminat dengan gitarnya , namun tidak ada yang mau membelinya karna harga tidak sesuai “katanya” . nah bang oke punya inisiatif untuk mendaftarkan gitar yang akan dijual di Toko Bagus , hasilnya gitar terjual dengan harga 200rb + Ongkir 50rb hahaha :D .









Kesimpulannya :
Setiap kalangan itu bisa dan berhak menggunakan Teknologi informasi dari kalangan atas hingga kalangan bawah . jika kita mau belajar maka semua yang kita cita-citakan pasti akan terwujud . jika para pedagang kaki lima mau sadar akan perkembangan Globalisasi pasti Toko Online berbasis Pedagang kaki lima akan menyebar luas , serta para komunitas pedagang kaki lima “Melek” IT akan terbentuk dengan sendirinya .

Artikel Terkait:

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

8 komentar:

zyiroyz mengatakan...

hohohoho....

nice info buat para PKL-PKL senior,,,
:D

Hamzah mengatakan...

nice info....

Achzan mengatakan...

Waaaww !!
Amazing,, bagus nie info.na ^^

Oke Share mengatakan...

thanks sob :)

TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN mengatakan...

hoamm. no offense ya.
keknya kurang efektif kalau pedagang kaki limanya menjajalkan makanan jadi atau bahan makanan. :D

.
oyee. kaskus.us fjbnya lebih enak daripada tokobagus ^.<

Oke Share mengatakan...

ya tergantung cara menyikapinya sob , kalau kita mau berubah , semua hal akan terlihat efektif :)

iya juga sih , tapi pengalaman saya ya di tokobagus sob :)

Adi Bagus Indrianto mengatakan...

thank's gan infonya.

Jefry mengatakan...

iya ni kini Indonesia harus makin melek dengan teknologi, tak hanya pelajar, orang kaya siapapun termasuk pedagang kelilingpun harus bisa memanfaatkannya dengan baik
nice info

Posting Komentar

saya sangat membutuhkan komentar-komentar dari agan untuk menjadikan blog ini lebih baik dan lebih baik lagi
bila ingin COPAS harus izin dengan meninggalkan komentar & diharapkan untuk mencantumkan Link sumbernya
jadikan INDONESIA blogger yang handal dan diperhitungkan